Kamis, 16 Februari 2012

Setting Password agar User tidak bisa hapus (edit) transaksi Penjualan dan Pembelian

Untuk  memberikan hak akses atau kewenangan pada setiap user atau klient maka  seorang admin harus bisa mengatur hak user tersebut. Karena pengaturan  hak akses sangat penting untuk keamanan data keuangan yang anda miliki.  Anda jangan keliru atau salah memberikan hak akses pada setiap user.  Anda harus mengetahui hak User tersebut hanya bisa apa saja, misalkan  Anda memberikan hak akses untuk hapus transaksi pada User A padahal user  tersebut tidak di beri hak utuk menghapus transaksi. Dengan kata lain  anda memberikan hak akses yang kurang tepat pada user tersebut.

Berikut ini kami akan jelaskan langkah-langkah setting hak akses  untuk User agar tidak bisa Hapus (Edit) Transaksi Penjualan dan  Pembelian.

1.  Buka Program Zahir Accounting dan Buka Datanya.

2.  Setelah kebuka datanya langsung klik File >> Password >> Cancel (Batal)

3.  Dimenu Password Manager tersebut Anda bisa pilih Baru atau apabila Anda sudah Buat langsung pilih Modifikasi.



4. Setelah Anda pilih Baru atau pilih Modifikasi nanti akan muncul  jendela Login kemudian akan muncul jendela menu untuk kewenangan  mengakses data dan Anda pilih lanjutkan.

5. Di menu Jendela Pembelian – Hutang Usaha Anda bisa hilangkan  beberapa ceklist, bisa di lihat ceklist yang di hilangkan pada gambar di  bawah ini.



6.  Dan di menu Jendela Sales Order – Piutang Usaha Anda bisa  hilangkan beberapa ceklist, bisa di lihat ceklist yang di hilangkan pada  gambar di bawah ini.



7.  Setelah  klik lanjutkan tinggal klik  lanjutkan saja sampai ketemu pilihan terakhir yaitu proses.

8. Dengan demikian Anda sudah bisa membuat kewenangan setiap User atau Client.

9. Tutup Zahirnya kemudian Anda bisa buka kembali Program Zahir dan datanya.

10.  Sekarang Anda bisa Login dengan Admin atau User  dan Anda juga  langsung bisa melihat perbedaannya, Mana yang login dengan Admin dan  mana yang login dengan User, perbedaannya bisa di lihat pada gambar di  bawah ini.



11. Anda bisa perhatikan yang Login dengan Admin, ada tulisan Hapus  atau Unpost sedangkan yang login pakai User tidak ada tulisan Hapus atau  Unpost.

”  Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil……!!!!!!!!!! “

By

Tidak ada komentar:

Posting Komentar