Kamis, 16 Februari 2012

Laporan Neraca/Laba Rugi Tidak Balance Dengan Buku Besar

Ada  kalanya kita  menemukan dalam laporan keuangan kita ketidaksesuaian  antara nilai yang tertera pada laporan neraca/laba rugi dengan nilai  yang terdapat pada buku besar, contohnya seperti ini, pada laporan  neraca standar per bulan November 2011 nilai Piutang Usaha senilai 1.275.359.664,00,- sedangkan pada laporan buku besar dengan akun yang sama menunjukkan nilai 1.270.653.414,00 yang  seharusnya nilai yang terdapat pada laporan neraca atau laba rugi  dengan saldo akhir yang terdapat pada laporan buku besar standar adalah  sama.

dibawah ini adalah screen shot contoh laporan yang tidak balance  antara neraca dengan laporan buku besar khususnya untuk akun Piutang  usaha.





lalu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut ?

ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya adalah :

1. Kita melihat laporan yang belum  dilakukan tutup buku, misalnya,  posisi periode akuntansi berjalan pada program zahir masih terdapat pada  bulan Januari 2011, sedangkan laporan yang kita ingin lihat adalah  bulan November 2011 (data bulan November sudah diinput tetapi belum  tutup buku).

2. ada ketidak sesuaian nilai yang Kita input pada akun tersebut  (dalam hal ini akun Piutang Usaha) pada saldo awal akun dan pada saldo  awal piutang usaha, misalnya, nilai piutang usaha pada saldo awal akun  Kita isi dengan nilai Rp. 10.000.000,00,- sedangkan nilai total yang  diinput pada saldo awal piutang usaha itu sendiri sebesar Rp.  9.890.000,00,-.

untuk solusinnya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. jika ternyata akar masalahnya adalah seperti sebab nomor 2 diatas,  solusinya adalah kembali ke periode awal akuntansi lalu sesuaikan nilai  antara disaldo awal akun dengan saldo awal Piutang Usahanya, setelah  sama lakukan hitung ulang saldo akhir akun dengan memilih menu file >  alat bantu > hitung ulang saldo akhir akun.

2. sedang yang kedua, jika saldo awalnya sudah benar, perbaikannya  adalah, posisikan periode akuntansinya ke bulan dimana terjadi  ketidaksesuaian antara laporan buku besar atau laba rugi dengan buku  besar, lalu pilih menu file > alat bantu > hitung ulang saldo  akhir akun, jika sudah cek kembali laporannya.

dibawah ini adalah hasil setelah dilakukan hitung ulang pada menu file > alat bantu > hitung ulang saldo akhir akun.





seperti itulah penyelesaian jika terjadi ketidaksesuaian antara lapoora neraca atau laba rugi dengan laporan buku besar.

please comment jika ada yang kurang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar