Senin, 19 Maret 2012

Mengenal Garis Besar Bagian Desain Faktur

Ada yang belum paham cara mendesain faktur di Zahir Accounting? Kali pertama ketahuilah terlebih dahulu bagian-bagian alat yang sering digunakan dalam mendesain faktur. Berikut ini garis besar makna dan fungsi atas bagian berkenaan.




Peranti lunak Zahir Accounting menggunakan bahasa pemrograman Delphi di mana terdapat aplikasi desain untuk faktur dan laporan. Aplikasi ini dapat dibuka apabila Anda hendak mencetak faktur.



Bagian-bagian utama yang paling sering digunakan dalam desain faktur dalam toolbar vertikal terdiri dari “insert rectangle object”, “insert band", "insert picture", "draw lines" dan di toolbar horizontal terdiri dari pengatur huruf (font), posisi karakter, dll yang akan berfungs jika telah membuat rectangle object.

Fungsi variabel dan data field yaitu rumus untuk menampilkan objek yang mengacu pada field saat input transaksi atau data master seperti nama pelanggan, data barang, keterangan transaksi, dsb.



Fungsi rectangle yaitu sebagai wadah untuk memasukkan variabel dan/atau data field sekaligus mengatur tampil atau tidaknya object di setiap sisi faktur.

Fungsi band yaitu sebagai tempat meletakkan rectangle dan object lainnya seperti gambar (picture), garis, dsb. Band ini akan mengatur posisi object seperti jarak baris atas dan bawah object termasuk posisi kepala (header), isi data (master data), dan kaki (footer). Band ini memilki fungsi masing-masing dan tidak dapat menukar fungsi dari fungsi asalnya.



Band Page header akan menampung semua rectangle dan object lainnya agar tampil hanya di kepala faktur. Rectangle yang diletakkan di band ini biasanya berkaitan dengan lambang perusahaan, judul faktur, dan kepala transaksi misalnya nomor faktur, nama dan alamat, tanggal transaksi, mata uang, dsb.



Band Master data akan menampung semua rectangle yang bekaitan dengan isi transaksi, misalnya kode, nama, dan jumlah barang, satuan pengukuran, nilai transaksi, diskon dsb.



Band child akan menampung subreport dari transaksi seperti catatan transaksi.

Band footer akan menampung rectangle yang berkaitan dengan subtotal transaksi, total transaksi, diskon, pajak, penandatangan, dsb.



Jika Anda sudah mengetahui fungsi dari setiap alat yang sering digunakan, Anda bisa mendesain faktur secara mandiri. Masih perlu bantuan cara mendesain faktur? Tunggu artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar